Lagi, Bayi Meninggal Setelah Diberi Makan Pisang!

30047 views

bayi-dimakan-pisang_1

Entahlah kabar itu benar apa tidak, yang jelas memberikan pisang pada bayi baru lahir sangatlah berbahaya. Seperti dikutip oleh Republika Online, Konsultan Nutrisi Departemen Ilmu Penyakit Anak, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI), Dr dr Damayanti R Sjarif SpA(K) mengatakan, pisang boleh diberikan saat bayi berusia lebih dari enam bulan.

“Namun itu hanya menjadi cemilan untuk bayi,” ujarnya. Jika pisang diberikan pada bayi yang berumur kurang dari enam bulan, menurutnya bisa berbahaya. Ia menceritakan bahwa ia sering menemui kasus balita yang salah diberi makan oleh ibunya, yaitu diberi makan pisang.

Dijelaskannya, dalam usia kurang dari enam bulan, bayi tak bisa mencerna pisang secara sempurna. “Akibatnya, (makanan itu) menggumpal dan harus dioperasi,” ujarnya.

Pemberian makan pisang pada bayi ini, menurutnya adalah kebiasaan yang sudah dilakukan oleh generasi sebelumnya. Ini terbukti dari hasil penelitian dimana 32% merupakan angka ibu yang memberikan makanan tambahan kepada bayi berumur 2–-3  bulan, seperti bubur nasi, pisang, dan 69% terhadap bayi berumur 4–-5 bulan. Ini merupakan hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional tahun 2002.

Bahkan dalam sebuah penelitian di pedesaan Provinsi Jawa Tengah ditemukan praktik pemberian makan pada bayi sebelum usia 1 bulan mencapai 32,4% dan pada usia tersebut didapatkan 66,7% jenis makanan yang diberikan adalah pisang (Litbangkes, 2003).   Adat /kebiasaan memberikan makanan padat sebelum waktunya ini tidak hanya terjadi di Pulau Jawa, namun juga di berbagai daerah di seluruh Nusantara. Sebuah penelitian di Sumatera beberapa tahun lalu menemukan lebih dari 25% bayi mengalami susah buang air besar dan lebih dari 15% mengalami diare akibat pemberian makanan tambahan di bawah usia kurang enam bulan


Baca juga resiko bila MPASI Diberikan Terlalu Dini di halaman berikutnya